Teori Komputasi Dan Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari



1. Komputasi
Komputasi adalah cara untuk menemukan pemecahan suatu masalah dari data input menggunakan suatu algoritma. Sedangkan arti dari teori komputasi adalah suatu sub-bidang dari ilmu computer dan matematika. Pada zaman dahulu perhitungan dimulai dari ditulis dikertas di kapur di batu dan lain lain, namun pada saat ini komputasi tekag dilakukan menggunakan computer.
Arti dari komputasi itu sendiri berasal dari kata compute atau menghitung atau perhitungan atau hitungan aritmatika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyau perhatuan pada penyusunan model matematika dan teknik dalam penyelesaian numeric serta penggunaan computer untuk mengaslisa dan memcahakan masalah-malasah ilmu sains.
Komputasi modern pertama kalinya digagaskan oleh seorang ilmuan yang bernama John Von Neumann. Dialah orang yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer modern. John Von Neumann memberikan berbagai sumbangsihnya dengan cara meningkat karya – karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Selain itu, Von Neumann juga merupakan seorang ilmuan yang sangat berperan penting dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II silam. Dan berkat kepiawaian Neumann di bidang teori game inilah ia bisa melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang akhirnya melahirkan sebuah computer. Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi :
  • Akurasi (big, Floating Point)
Akurasi tentu merupakan masalah yang paling penting dalam memecahkan masalah. Karena itu pada komputasi modern dilakukan perhitungan bagaimana bisa menghasilkan satu jawaban yang akurat dari sebuah masalah. Tentu kita pernah mendengar tipe data floating point yang biasa digunakan untuk menyimpan data numerik dalam bentuk pecahan. Tipe data tersebut memiliki range penyimpanan numerik yang besar, sehingga dapat digunakan oleh komputer untuk melakukan komputasi yang akurat.
  • Kecepatan (dalam satuan Hz)
Manusia pasti menginginkan masalah dapat diselesaikan dengan cepat. Karena itu perhitungan masalah kecepatan adalah suatu hal yang penting. Komputasi harus dapat dilakukan dalam waktu yang cepat ketika mengolah suatu data. Sehingga perlu metode kecepatan untuk mengolah perhitungan dalam waktu singkat.
  • Problem Volume Besar (Down Sizzing atau parallel)
Data yang besar tentu membutuhkan suatu cara penyelesaian yang khusus. Karena data yang besar dapat menjadi masalah jika ada yang terlewatkan. Oleh karena itu digunakan metode Down Sizzing atau parallel pada komputasi modern untuk menangani masalah volume yang besar. Dengan metode ini data yang besar di paralelkan dalam pengolahnya sehingga dapat diorganisir dengan baik.
  • Modelling (NN & GA)
Modeling merupakan suatu hal yang penting dalam melakkan suatu perhitungan yang rumit. Bayangkan saja jika kita dihadapi dalam suatu masalah perhitungan yang banyak dan kompleks, tetapi tidak ada model matematika yang kita miliki. Perhitungan akan berjalan berantakan dan tidak akan mendapatkan hasil yang akurat. Maka dari itu komputasi modern membutuhkan modelling sebelum melakukan perhitungan.
  • Kompleksitas (Menggunakan Teori Big O)
Komputasi modern dirancang untuk menangani masalah yang kompleks, sehingga diterapkan pada komputer. Dengan menggunakan teori Big O, maka komputasi modern dapat melakukan dapat melakukan perhitungan untuk memecahkan masalah kompleksitas yang kerap dihadapi.

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu:
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2 Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.  Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Terdapat 3 jenis Komputasi modern :
1. Mobile Computing
            Mobile disini diartikan dengan mobilitas atau ke efisiensi atau kemudahan dalam computing. Dalam mobile computing ini contohnya adalah penggunaan jaringan nirkabel dimana dapat berpindah kemana mana tetapi masih tetap saling terhubung.
2. Grid Computing
            Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
3. Cloud Computing
            Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
2. Implementasi Komputasi Modern
1.Bidang Fisika
Pembentukan helm AGV Pista yang menyesuaikan ke aeoridinamis angin pada saat sedang balapan. Helm khusus balapan pada saat ini sangat special karena sudah diperhitungan dari segi bentuk, keamanan, mulai dari efek benturan serta dari angin pada saat balapan contoh nya pada saat seperti ini :
Diatas adalah cek wind test arah angina apabila pembalap sedang ada dalam kecepatan tinggi, dalam ke arodinamisan dari helm dapat meningkat kan kecepatan karena mengurangi perlawanan angin pada saat balapan.
            Lalu yang kedua adalah setting mesin motor injeksi, pada saat ini motor sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu injection. Pada saat setting motor injeksi sudah tidak lagi menggunakan perangkat keras melainkan menggunakan peralatan computer, yang terdapat pada computer adalah input bensin lalu output bensin lalu pengeluran dimana dalam computer tersebut terdapat angka angka yang mengukur dari parameter tersebut dimana mempengaruhi kinerje mesin, mulai dari top speed, akselerasi , kecepatan serta pengeremean pun sudah menggunakan komputasi. dan efek lingkungan. Apalagi yang terdapat fitur dalam moge atau motor gede. Semua perhitungan mulai dari traction control, lalu tingkat ke empukan shock breaker lalu tingkat pengereman. Dimana semua akan ber efek pada saat motor tersebut digunakan.


2. Bidang Kimia
Kimia komputasi adalah cabang kimia yang menggunakan hasil kimia teori yang diterjemahkan ke dalam program komputer untuk menghitung sifat-sifat molekul dan perubahannya maupun melakukan simulasi terhadap sistem-sistem besar (makromolekul seperti protein atau sistem banyak molekul seperti gas, cairan, padatan, dan kristal cair), dan menerapkan program tersebut pada sistem kimia nyata. Contoh sifat-sifat molekul yang dihitung antara lain struktur (yaitu letak atom-atom penyusunnya), energi dan selisih energi, muatan, momen dipol, kereaktifan, frekuensi getaran dan besaran spektroskopi lainnya. Simulasi terhadap makromolekul (seperti protein dan asam nukleat) dan sistem besar bisa mencakup kajian konformasi molekul dan perubahannya (misal proses denaturasi protein), perubahan fase, serta peramalan sifat-sifat makroskopik (seperti kalor jenis) berdasarkan perilaku di tingkat atom dan molekul. Istilah kimia komputasi kadang-kadang digunakan juga untuk bidang-bidang tumpang-tindah antara ilmu komputer dan kimia.

3. Bidang Matematika
            Implementasi komputasi modern di bidang matematika ada numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah – masalah matematika. Bidang analisis numerik sudah sudah dikembangkan berabad-abad sebelum penemuan komputer modern. Interpolasi linear sudah digunakan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Banyak matematikawan besar dari masa lalu disibukkan oleh analisis numerik, seperti yang terlihat jelas dari nama algoritma penting seperti metode Newton,interpolasi polynomial Lagrange, eliminasi Gauss, atau metode Euler. .
Kalkulator mekanik juga dikembangkan sebagai alat untuk perhitungan tangan. Kalkulator ini berevolusi menjadi komputer elektronik pada tahun 1940. Kemudian ditemukan bahwa komputer juga berguna untuk tujuan administratif. Tetapi penemuan komputer juga mempengaruhi bidang analisis numerik, karena memungkinkan dilakukannya perhitungan yang lebih panjang dan rumit.

4. Bidang Ekonomi
            Dalam bidang ekonomi ini lah mungkin perkembangan komputasi semakin pesat, contoh sederhana adalah banyaknya jenis uang digital seperti BITCOIN, ETHEREUM dan lain lain, lalu banyaknya uang yang tidak berbentuk cash atau fisik melainkan berbentuk digital. Seperti kartu credit dan lain lain. Online shop yang semakin banyak juga membangun ekonomi dan juga yang sampai saat ini digunakan seperti GOJEK, GRAB BIKE. Menggunakan alat atau device yang dapat berkomputasi diantaranya dapat membangun dalam kegiatan perekonomian.

5. Bidang Geologi
            Implementasi komputasi geologi adalah cabang ilmu komputer yang mempelajari tentang pemetaan bumi. Pemetaan di sini adalah pemetaaan yang ada dalam bumi. Pemetaan untuk memisahkan dan mengklasifikasikan kandungan yang ada dalam bumi. Pada bidang geologi, teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, jadi sebuah sistem komputer dibuat untuk membantu manusia menganalisa dan mencari bahan-bahan mineral dan tambang yang terkandung di dalam tanah. Jadi intinya cabang ilmu ini memetakan kandungan tambang dan mineral dalam tanah, dan mengklasifikasikan tempat mana saja yang kandungannya baik. Seperti untuk mengenali, menganalisa, memperhitungkan unsur-unsur yang terdapat di bumi. Contohnya ilmu ini bisa kita terapkan didunia pertambangan adalah untuk mempermudah manusia atau masyarakat khususnya para penambang dalam hal menganalisa bahan – bahan mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah. Dalam kasus ini diharapkan dapat membantu penambang atau ilmuan untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi akan memudahkan penambang atau ilmuwan untuk mengambil keputusan.

6. Bidang Geografi
            Yang sering kita gunakana adalah Google Maps, google maps merupakan komputasi dalam bidang geografi dimana kita mengetahui posisi serta tujuan dengan mengikuti yang ditunjukan oleh google mapst tersebut, dimana google map berasal dari Google Earth. Google earth merupakan sebuah aplikasi virtual globe yang aslinya disebut dengan Earth Viewer (pemetaan bumi) dan dibuat oleh KeyHole, Inc aplikasi ini merupakan pengolahan citra digital dari hasil pemantauan satelit. Pada tahun 2004 Google membeli aplikasi ini dari KeyHole, Inc untuk diterapkan dalam aplikasi berbasis web. Google memasukan semua data gambar pemetaan bumi yang diperoleh dari satelit untuk kemudian dapat diakses melalui web secara online.
            Lalu seimograf juga merupakan alat komputasi untuk pemantauan gunung yang sedang aktif dengan menggunakan bentuk grafik getaran yang dicatat oleh computer yang diterima oleh alat yang dekat di gunung yang sedang aktif tersebut.



Newer Posts Older Posts
Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Contact Us

Video

© Copyright Alfhan's Published.. Blogger Templates
Back To Top