1.
DEFINISI BISNIS, TIK (Teknologi dan Komunikasi) dan BISNIS INFORMATIKA
- · Bisnis
Banyak
sekali pengertian bisnis yang di ungkapkan oleh ahli, didalam artikel ini saya
akan menyebutkan beberapa pengertian bisnis itu sendiri.
1.
Prof. Owen
Bisnis
ialah suatu perusaahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang
untuk dijual kembali atau ke pasar atau memberikan harga dalam setiap barang
ataupun jasa.
2.
Urwick dan Hunt
Bisnis
ialah setiap perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan
barang atau ajasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaanya dalam
membeli atau membayar.
3.
Prof. L. R. Dicksee
Bisnis
ialah suatau bentuk kegiatan yang bertujuan keuntungan bagi yang berkepentingan
atau mengusahakan kegiatan tersebut.
4.
Hooper
Menyatakan
bahwa bisnis merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industry
dan penjualan, indsutri dasar, prosesnya, industry manufaktur dan jaringan,
insuransi, perbankan, distribusi , transportasi dan lainya yang kemudia masuk secara
menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuan nya memperole keuntungan bagi yang
mengusahakan.
Dari
4 pengertian ahli diatas dapat saya simpulkan bahwa Bisnis adalah suatu
kegiatan atau bentuk aktivitas jual beli barang atau jasa yang bertujuan untuk
mencari keuntungan pada pihak yang berusaha atau yang mengusahakan proses jual
beli atau pembuatan barang dan penyedia barang yang berlangsung secara terus
menerus atau berulang selama masih memberikan keuntungan, Bisnis pada jaman ini
bukan hanya perusahaan yang dapat melakukan bisnis tetapi pada zaman modern ini
bisnis dapat dilakukan dari hal yang paling kecil seperti perorangan,
perkelompok, bisnis rumahan, dan lain lain.
- · TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Dalam
bahasa Indonesia TIK adalah singkatan dari teknologi informasi dan komunikasi
atau dalam bahasa inggris ‘Information and Communcation Technologies’ jika
disingkat menjadi ICT.
Didalam
sebuah pengertian TIK terdapat 2 bahasan yang berbeda namun searah atau
sejalan, yaitu teknologi informasi dan
teknologi komunikasi. Pengertian Teknologi Informasi menurut beberapa ahli :
1.
Menurut Haaq dan Keen
Teknologi
informasi adalah sebagai seperangkat alat yang membantu bekerja dengan
informasi dan melakukan tugas tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.
Menurut Kamus Besar Oxford
Teknologi
informasi adalah studi peralatan elektronika, terutama computer, untuk
menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata
kata bilangan ataupun gambar.
Pengertian
teknologi Komunikasi menurut beberapa ahli :
1.
Hovland, Janis dan Kelley
Teknologi
Komunikasi merupakan proses individu mengirim rangsangan yang dimana biasanya
dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain. Pada definisi ini
mereka menganggap komunikasi sebagai suatu proses.
2.
Colin Cherry
Teknologi
Komunikasi adalah proses dimana pihak pihak saling menggunakan informasi dengan
untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang
ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkit.
Dan
secara umum pengertian keduanya adalah segala kegiatan pemrosesan, manipulasi
pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relavan akurat dan tepat waktu, yang
digunakan baik untuk keperluan pribadi, bisnis, atau TIK juga dapat diartikan
sebagai sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik
itu untuk memperoleh data atau informasi maupun memberikan informasi kepada
orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah
ataupun dua arah.
Media
dalam pengertian diatas adalah suatu teknologi atau alat bantu contohnya
seperti computer dan handphone dimana pada zaman ini handphone sudah menjadi
kebutuhan sehari hari terlebih lagi
sekarang adalah era smartphone dan sudah mendunia.
- · Bisnis Informatika
Bisinis
informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan kelompok atau individu dengan
tujuan mendapatkan keuntungan atau profit yang dilakukan dengan bantuan
teknologi informasi, pengertian secara singkat nya adalah berbisinis dengan
menggunakan bantuan teknologi sperti internet. Dalam hal bisnis informatika ini
cepat berkembang karena adanya juga pekembangan teknologi informasi. Apapun
bidang nya baik dalam perdagangan barang, produksi , penyediaan jasa selama
kita masih menggunakan bantuan teknologi itu dapat dikatan sebagai bisnis
informatika. Contohnya adalah kegiatan transaksi jual beli online yang dimana
peran teknologi sangat membantu kedua belah pihak antara penjual dan pembeli
dalam proses transaksi tanpa ada kendala jarak dan waktu.
2.
Salah satu Jenis Bisnis Informatika
Dalam
materi penjelasan ini saya memilih bisnis informatika berupa e-commerce yaitu transaksi jual beli
online baik didalam web nya atau dalam aplikasi smartphone yaitu LAZADA.
LAZADA
adalah salah satu bidang bisnis dalam kegiatan bisnis informatika, LAZADA ini
adalah salah satu situs belanja yang bayak menawarkan berbagai jenis macam
produk mulai dari kebutuhan sehari haris seperti baju , celana, jaket, lalu buku, mainan anak
dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan , peralatan rumah
tangga, serta peralatan perlenkagapan travelling dan olahraga, bahkan
perlengkapan untuk di bisniskan kembali pun ada contohnya apabila kita seorang
sablon jaket, maka bahan dari mulai jaketnya sampai ke polyflex ( bahan untuk
sablonan ) pun tersedia sehingga lebih mudah untuk usaha kecil kreatif.
Pada saat ini banyak juga selain
e-commerce selain LAZADA. Karena bisnis informatika pada saat ini sedang
berkembang pesat. E-commerce ini tetap terus berkembang karena tingkat
kebutuhan orang yang semakin banyak lalu waktu yang sedikit membuat orang sulit
membagi waktunya untuk membeli keperluan sesuatu karena kegiatan yang sibuk
sampai ketersediaan toko yang belum tentu lengkap atau ada yang kita butuhkan.
Dengan e-commerce ini sangat amat membantu karena termudahkan nya salah satu
aktivitas yaitu pemenuhan kebutuhan untuk sehari-hari.
LAZADA merupakan perusahaan bergerak
dibidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari
perusahaan inkubator teknologi internet asalh jerman yaitu Rocket Internet.
Rocket Internet juga berhasil menciptakan perusahaan-perusahaan ritel
e-commerce lainya di berbagai negara di dunia, yang berpusat di Berlin, Jerman.
Proyek lain dari Rocket Internet contohnya adalah Traveloka,Zalora dan
Foodpanda. Traveloka bergerak pada
bidang traveling, tiket, hotel dan lain lain, sedangkan zalora bergerak pada
bidang fashion. Untuk mengenai segala produk dapat diakse di website Lazada
indonesia yaitu lazada.co.id.
System penjualan di Lazada ini sama
seperti online shop lainya, namun ada beberapa perbedaan, kesamaan nya adalah
bergerak dalam bidang online shop. Di lazada ini terdapat 2 cara dalam untuk
mengakses, yang pertama adalah melalui website lazada.co.id, yang kedua adalah
download aplikasi lazada di appstore atau playstore. Sebelum kita melakukan
transaksi lazada akan meminta untuk membuat akun dan verifikasi terhadap user
yang ingin berbelanja di lazada, pembuatan akun di lazada cukup mudah hanya
memerlukan email dan nomor telfon yang valid, atau bisa juga menggunakan
facebook untuk login. Setelah itu lazada akan meminta profil kita pribadi
terutama alamat, karena alamat hal yang wajib di isi dalam melakukan transaksi
online. Akses web atau melalui aplikasi sangat lah baik web yang responsive
keterangan barang yang jelas dan loading time yang kurang lebih cepat.
Fitur kelebihan yang sangat saya sukai
adalah fitur COD yang hanya dimiliki lazada, apa itu fitur COD ? COD adalah
Cash On Delivery artinya kita membeli barang atau belanja tanpa perlu membayar
dahulu ke minimarket atau transfer. COD memberikan pengiriman barang terlebih
dahulu lalu dapat dibayarkan pada saat barang sudah sampai ke tempat pembeli,
artinya tidak perlu takut untuk tertipu, karena kalopun tertipu kita tidak
mengeluarkan sepeser uangpun. Lazada memiliki gudang sendiri, artinya kita
tidak langsung berhubungan dengan seller melainkan jika COD kita berhubungan
langsung dengan lazada karena lazada sudah stock barang tersebut yang kita
inginkan, Lalu yang saya sukai di lazada adalah CS yang cepat, barang rusak
atau barang yang tidak kunjung sampai peran CS disini sangat baik, pengurusan
pengembalian barang, pertanyaan posisi barang dan pertanyaan lain dapat
ditanyakan di CS. Lalu tampilan aplikasi dan web sangat userfriendly dan sangat
mudah dipahami. Lalu packing barang yang sangat rapih dan ongkos kirim gratis.
Serta testimoni yang dapat memberikan penilaian atau petunjuk tempat seller
yang kita ingin beli apakah recommend atau tidak.
Dibalik kelebihan lazada pasti sebuah
sistem atau aplikasi memiliki kekurangan. Pertama adalah terkadang terlambat
dalam pengiriman barang, di lazada ini hanya kurir lazada yang dapat
mengirimkan barang, sehingga tidak terdapat menggunakan jasa lain yang bisa
memberikan 1 hari sampai atau di hari tersebut sampai contohnya dengan gojek.
Yang kedua adalah barang yang diberikan COD belum menyeluruh, maksudnya adalah
terkadang barang yang dikirim ke Jakarta dapat menggunakan COD sedangkan
apabila barang yang sama maka dikirimkan ke Depok fitur COD tidak dapat
digunakan. Sering terlambatnya update untuk ketersediaan barang yang ada di
lazada.
3.
PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA DAN DUNIA
Pada zaman ini semua serba instan dan
serba mudah, semua di dapat hanya memerlukan sebuah device, baik laptop, tablet
ataupun smartphone semua bisa didapatkan. Bisnis TI berkembang sangat pesat
karena sudah teknologi dan internet sudah menjadi kehidupan sehari-hari.
Terutama di Indonesia sendiri contohnya adalah ojek online yang sampai saat ini
masih ada kesenjangan antara online dan pangkalan dimana efek tersebut muncul
karena perkembangan bisnis dalam TI. Lalu di Indonesia sudah banyak yang
menggunakan kata ‘E’ didepan nya, seperti E-commerce, E-banking, E-Money,
E-Bussines, M-Banking dan masih banyak lagi yang sudah diterapkan atau di
implementasikan di Indonesia, dalam hal ini di Indonesia pun bisnis TI
sangatlah maju hanya dengan bermodal tablet atau smartphone atau laptop kita
bisa membeli sesuatu dan kita juga dapat
menjual sesuatu yang terdapat jalur bisnis didalam proses tersebut.
Yang paling terlihat terutama di
Indonesia adalah E-commerce namun ada beberapa aspek perkembangan bisnis TI
sebagai berikut :
1.
Aplikasi dan Aset
contoh
aplikasi dan aset yang sedang berkembang adalah :
*
Uber, perusahaan taksi tanpa memiliki mobil
*
OLX, situs jual beli tapi situs tersebut tidak memiliki barang
*
Mister Aladin.com , situs akomodasi traveling, hotel tetapi tidak memiliki
hotel
contoh
diatas adalah bagaimana pemberdayaan konsumen melalui sebuah aplikasi dalam
smartphone konsumen. Dimana aplikasi ini hanya mendalkan aset yang dimiliki
oleh sebuah perusahaan yang di akomodasikan nya, dengan cara ini perusahaan
juga dapat mendapatkan keuntungan dengan adanya akomodasi dari aplikasi tanpa
harus mengiklankan serta mencari konsumen secara langsung.
2.
Technopreneur
technopreanur
adalah penggagas dan kreator produk dalam bidang teknologi yang dapat
menghasilkan sebuah bisnis didalamnya yang dapat dijadikan sebuah tempat adanya
perputaran uang didalamnya. Di indonesia dan di dunia ini sudah banyak yang
berhasil, contohnya di indonesia adalah Bukalapak, Traveloka dan Berrybenka
dimana ketiga nya adalah pengusaha sukses dengan industri baru berbasi
internet.
3. Software
House
dalam
era ini aplikasi yang dapat menyelesaikan sebuah masalah adalah hal yang
penting dalam penggunaan sebuah device. Penjualan software masih menjadi proses
bisnis dalam dunia it, contohnya adalah appstore, dimana user harus membayar
setiap kali mendownload sebuah aplikasi yang dapat mengerjakan tugas user atau
mempermudah user. Contoh lainya adalah Adobe System, Microsoft , Apple Inc dan
lain lain.
http://kumpulantugsku.blogspot.co.id/2016/10/definisi-bisnis-tik-dan-bisnis.html
http://akwila92.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-bisnis-informatika.html