1.
Regulasi dan Procedure pengadaan barang dan jasa.
Regulasi
diartikan sebagai sebuah peraturan atau regulasi merupakan cara untuk
mengendalikan manusia atau masyarakat dengan suatu aturan atau pembatasan
tertentu . penerapan regulasi bisa dilakukan oleh pemerintah, regulasi oleh
suatu perusahaan dan sebagainya.
Regulasi
dalam bisnis dan dalam ilmu ekonomi adalah segala bentuk peraturan untuk
mengendalikan prilaku bisnis dalam bidang industry atau peraturan asosiasi
perdagangan dan sebagainya.
Prosedur adalah serangkaian aksi yang
spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan
cara yang baku (sama) agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang
sama, semisal prosedur kesehatan dan keselamatan kerja.
Lebih tepatnya, kata ini bisa
mengindikasikan rangkaian aktivitas, tugas-tugas, langkah-langkah,
keputusan-keputusan, perhitungan-perhitungan dan proses-proses, yang dijalankan
melalui serangkaian pekerjaan yang menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, suatu
produk atau sebuah akibat. Sebuah prosedur biasanya mengakibatkan sebuah
perubahan.
Dari pengertian diatas regulasi dan
procedure kurang lebih dalam pengertian adalah sama, jika regulasi adalah
aturan aturan yang mengendalikan prilaku bisnis sedangkan procedure adalah
langkah langkah atau step by step atau cara untuk mendapatkan sebuah pengadaan
barang ataupun jasa dalam sebuah bisnis.
2.
Sumber informasi tentang penawaran atau peluang proyek TIK.
Informasi sangat penting untuk mencari peluang-peluang yang
ingin kita ketahui sebagai wahana keterbukaan kita kepada bermacam-macam berita
yang ada di lingkungan yang ada disekitar
kita.Banyak sumber untuk memperoleh informasi, mulai dari media cetak
sampai pada media elektronik. Semakin lengkap sumber-sumber informasi yang ada
tentu semakin mempermudah kita untuk memperoleh informasi mengenai peluang
berbisnis. Kecanggihan teknolgi dan sumber informasi yang banyak sebagi contoh:
majalah, Koran, televisi, buku, internet, radio, dan lain-lain. Berikut beberapa tips dalam mencari informasi
peluang bisnis :
· Informasi tentang kepribadian dan kemampuan diri
· Peluang yang dapat diraih
· Kebutuhan dan keinginan konsumen
· Lingkungan yang dihadapi
· Situasi persaingan
Banyak sumber yang untuk
memperoleh informasi dan menyebarkan informasi untuk penawaran, dari mulai
media cetak (Koran, majalah, brosur, pamphlet, baligo, dll) sampai media
elektronik (televisi, radio, internet dan social media seperti facebook,
twitter, berita online, dll). Dengan adanya media-media tersebut, kami
memanfaatkannya untuk mengetahui kebutuhan untuk pengadaan barang.
3.
Kerangka Acuan Kerja
Kerangka Acuan Kerja atau Kerangka
Acuan Kegiatan yang disingkat KAK
adalah dokumen perencanaan kegiatan yang berisi penjelasan/keterangan mengenai
apa, mengapa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan berapa perkiraan biayanya
suatu kegiatan. Dengan kata lain, KAK berisi uraian
tentang latar belakang, tujuan, ruang lingkup, masukan yang dibutuhkan, dan
hasil yang diharapkan dari suatu kegiatan. KAK dalam bahasa Inggris adalah Term Of
Reference yang disingkat TOR.
KAK
merupakan gambaran umum dan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan
sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian Negara/Lembaga. Dalam KAK tercakup
latar belakang, maksud dan tujuan, indikator keluaran dan keluaran, cara
pelaksanaan kegiatan, pelaksana dan penanggung jawab kegiatan, jadwal kegiatan,
dan biaya kegiatan.
1.
Bisnis TIK yang akan dibuat dan Gambaran umum.
Bisnis yang saya akan jalankan adalah IT
Support Helpdesk, dimana bisnis tersebut digunakan untuk para IT Support yang
diminta untuk melakukan maintenance terhadap device laptop ataupun computer user
melalui aplikasi. IT Support tersebut akan langsung datang ke tempat dimana
user ingin melakukan maintenance terhadap devicenya. Intinya adalah melakukan
atau memebenarkan device user yang rusak dimana user tidak perlu mencari toko
atau jauh-jauh pergi ketempat service computer yang belum tentu recommended yang
artinya belum tentu tempat services tersebut bisa dipercaya dari segi melakukan
analisa kerusakan ataupun dari segi harga yang diberikan kepada user.
Untuk regulasi dan procedure pengadaan
barang dan jasa saya mengalisa masalah tersebut. Untuk jasa atau untuk IT
Support nya kita buka untuk siapa saja yang memiliki kemampuan untuk
menyelesaikan masalah maintenance device laptop ataupun computer. Dan untuk
pengadaan barang jika terjadi kerusakan pada device tertentu aplikasi IT
Support helpdesk akan bekerja sama dengan sebuah toko yang ada di manga 2
dimana toko tersebut telah me listkan atau mendaftarkan daftar harga, jadi
ketika user tahu ada kerukasan dalam laptopnya maka user juga dapat melihat
harga alat yang rusak yang akan diganti oleh IT Supportnya yang datang kerumah
tersebut. Untuk harga jasa satu kali maintenance nanti akan diberikan di
kerangka kerja.
Untuk sumber informasi penawaran dan
peluang karena IT Support Helpdesk tersebut berbasis aplikasi sehingga mudah di
share melalui Playstore yang tersedia di hp android dan juga melauli media
media masa seperti aplikasi chat dimana semua aplikasi chat telah ada fitur
share untuk sebuah informasi aplikasi dan fitur tersebut akan kami gunakan
untuk aplikasi tersebut. Untuk peluang TIK aplikasi tersebut mempersilahkan
daftar siapa saja yang ingin menjadi IT support dalam aplikasi tersebut
tentunya yang memiliki kemampuan yang telah memumpuni.
Untuk KAK ( Kerangka Kerja Acuan )
adalah menyesukain apa yang telah dijabarkan diatas kurang lebih seperti
berikut :
- Latar belakang bisnis
Karena semakin berkembangnya bisnis
teknologi dan adanya kebutuhan akan entertainment dan jasa dalam segi TIK. Dan kurangnya
pengetahuan pengguna device tentang kerusakan yang dialami user dan juga
banyakan nya menipu kerusakan di toko-toko service yang belum dapat dipercaya.
- Kegiatan yang dilaksanakan
Penyedia jasa maintenance melalui IT
support dan pengadaan barang hanya ketika membutuhkan pergantian ketika sebuah
alat mengalami kerusakan pada device tertentu.
- Manfaat
Dengan adanya aplikasi ini diharpakan
user dapat lebih cepat untuk mebetulkan devicenya dan tidak lama menunda pekerjaan
karena jika kerusakan pade device biasanya membutuhkan pekerjaan yang cepat dan
tidak dapat ditunda, dan juga mengefisienkan user agar tidak perlu pergi kemana
mana membawa device tersebut ketempat services.
- Cara pelaksanaan kegiatan
Tahapan kegiatan
adalah :
1. user memanggil IT
support melalui aplikasi
2. IT support akan
datang ke alamat yang ditujukan user di aplikasi
3. IT support akan
mengecek seluruh komponen atau alat agar di sekaliguskan jika terjadi kerusakan
dan pergantian.
4. jika terjadi
pergantian komponen maka akan dipesan komponen tersebut di toko yang telah
bekerja sama dan IT support kembali lagi ketika komponen tersebut telah sampai.
5. setelah pergantian
komponen maka seluruh instalassi akan dilakukan sampai device dalam kedaan
normal kembali.
6. penentuan biaya
jasa pergantian dan juga ongkos yang ditempuh IT support.
- Tempat pelaksanaan
Alamat yang ditujukan
oleh user di aplikasi tersebut.
- Jadwal kegiatan
Pelayanan
dilakukan setiap hari dan akan langsung dikerjakan jika ada IT support yang
memenuhi panggilan tersebut.
#Komentar
:
Dalam perancangan bisnis diatas adalah belum dilakukan
dimana aplikasi tersebut masih saya rancang bagaimana cara pembuatannya
menggunakan android studio dan bagaimana alur datanya. Mudah-mudah an aplikasi
tersebut dapat saya terapkan dan saya jadikan aplikasi bisnis tersebut sebagai
lapangan pekerjaan juga yang memiliki kemampuan dalam maintenance.
Kekurangan dalam aplikasi tersebut adalah kurangnya detail
dari jasa yang telah dikerjakaan oleh IT support karena untuk pemebetulan
komponen berbeda beda, dan belum jelas nya biaya yang dikeluarkan user nanti
untuk perbaikan, biaya yang jelas hanya harga komponen saja yang telah
terdaftar disebuah toko yang bekerja sama nanti.