SDM
dan Organisasi
1.
Pengertian Struktur Organisasi
Struktur
Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta
posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam
menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang di
harapakan dan di inginkan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan
jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain
dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur
organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa
melapor kepada siapa, jadi ada satu pertanggung jawaban apa yang akan
di kerjakan. Struktur organisasi dibagi menjadi beberapa bagian
seperti berikut :
A.
Fungsional
Orang-orang
dikelompokkan ke dalam departemen – departemen menurut kesamaan
keterampilan dan aktivitas-aktivitas kerja. Organisasi fungsional
adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi
dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional
untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian
khusus. Struktur organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor.
Contoh
rancangan dalam struktur organiassi fungsional adalah berikut
dalam
bentuk seperti ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan nya,
kelebihan dalam bentuk ini adalah :
-
Kemajuan karier dalam departemen fungsional
-
Panduan dan pengendalian dari manajemen Puncak
-
Koordinasi yang luar biasa dalam fungsi-fungsi
-
Pemecahan masalah teknikal yang berkualitas
kekurangan
dalam bentuk ini adalah :
-
Keputusan terkonsentrasi pada hirarki puncak, menciptakan penundaan
-
Tanggung jawab bagi masalah yang muncul sulit ditunjukkan secara tepat
-
Pandangan terbatas mengenai sasaran organisasi dari pada karyawan
-
Pelatihan manajemen umum yang terbatas bagi karyawan
B.
Divisi
Departemen
dikelompokkan ke dalam divisi mandiri terpisah berdasarkan pada
kesamaan produk, program, atau daerah geografis. Perbedaan
keterampilan merupakan dasar departementalisasi, dan bukannya
kesamaan keterampilan.
Keunggulan
Divisonal diantarnya :
-
Memperhatikan kebutuhan konsumen
-
Koordinasi yang luar biasa lintas departemen fungsional
-
Pembebanan tanggung jawab yang jelas bagi permasalahan produk
-
Penekanan terhadap keseluruhan produk dan tujuan divisional
-
Pengembangan keterampilan manajemen umum
Kelemahan
dalam struktrur Divisional diantarnya :
-
Duplikasi sumberdaya lintas divisi
-
Kurang pendalaman teknis dan spesialisasi dalam divisi-divisi
-
Koordinasi yang buruk lintas divisi
-
Kurangnya kendali sumberdaya menajemen puncak
-
Kompetesi untuk sumberdaya perusahaan
C.
Matriks
Ranati
komando divisional dan fungsional diimplementasikan secara simulatan
dan membebani satu sama lainnya dalam departemen yang sama. Terdapat
dua rantai komando, dan beberapa karyawan memberikan laporan pada dua
bos.
Ranati
komando divisional dan fungsional diimplementasikan secara simulatan
dan membebani satu sama lainnya dalam departemen yang sama. Terdapat
dua rantai komando, dan beberapa karyawan memberikan laporan pada dua
bos.
Kelebihan
Matriks di strutktur organisasi ini adalah :
-
Penggunaan sumberdaya yang lebih efisien dibandingkan pada hirarki tunggal
-
Fleksibilitas dan adaptabilitas terhadap lingkungan yang terus berubah
-
Pengembangan keterampilan manajemen umum dan spesialis
-
Kerja sama interdisiplin, ketersediaan ahli untuk seluruh divisi
-
Pelebaran tugas-tugas bagi para karyawan
Kekurang
dalam penggunaan struktur matriks ini adalah :
-
Frustasi dan kebingungan dari rantai komando ganda
-
Konflik tinggi antara dua sisi matriks
-
Banyak pertemuan, lebih banyak diskusi daripada tindakan
-
Membutuhkan pelatihan hubungan manusia
-
Dominasi kekuatan oleh salah satu sisi matriks
D.
Tim
Organisasi
membentuk serangkaian tim untuk menyelesaikan tugas-tugas khusus dan
untuk mengkoordinasikan departemen-departemen utama.
Keunggulan
dalam Tim adalah :
-
Punya beberapa keunggulan struktur fungsional
-
Mengurangi hambatan antar departemen, meningkatkan kompromi
-
Mengurangi waktu untuk merespon, keputusan lebih cepat diambil
-
Moril yang lebih baik, antusiasme dari keterlibatan karyawan
-
Mengurangi biaya overhead administrasi rutin
Kekurangan
dalam menggunakan tim adalah :
-
Loyalitas ganda dan konflik
-
Waktu dan sumberdaya lebih banyak untuk pertemuan
-
Desentralisasi tidak terencana
E.
Jaringan
1.
Organisasi menjadi suatu pusat yang kecil, terhubung secara
elektronis dengan organisasi lainnya yang melakukan fungsi-fungsi
vital.
2.
Departemen bersifat independen dan melayani kontrak dengan sentral
untuk mendapatkan keuntungan.
Keunggulan
dalam menggunakan sturuktur ini adalah :
-
Daya saing global
-
Fleksibilitas tenaga kerja / tantangan
-
Mengurangi biaya administratif
Kelamahan
nya untuk menggunakan struktur ini adalah :
-
Tidak ada pengendalian langsung
-
Dapat kehilangan bagian organisasi
-
Lemahnya loyalitas karyawan
2.
Spesfikasi dan Deskripsi Tugas
A.
Spesifikasi Tugas
Spesifikasi
pekerjaan (tugas specification) disusun berdasarkan uraian pekerjaan
dengan menjawab pertanyaan tentang ciri, karakteristik, pendidikan,
pengalaman, dan yang lainnya dari orang yang akan melaksanakan
pekerjaan tersebut dengan baik. Spesifikasi pekerjaan menunjukkan
persyaratan orang yang akan direkrut dan menjadi dasar untuk
melaksanakan seleksi.
Spesifikasi
pekerjaan adalah uraian persyaratan kualitas minimum orang yang bisa
diterima agar dapat menjalankan satu jabatan dengan baik dan
kompeten.
Pada
umumnya spesifikasi pekerjaan memuat ringkasan pekerjaan yang jelas
dan kualitas devinitif yang dibutuhkan dari pemangkujabatan itu.
Spesifikasi pekerjaan memberikan uraian informasi mengenai hal-hal
berikut:
1.
Tingkat pendidikan pekerja.
2.
Jenis kelamin pekerja.
3.
Keadaan fisik pekerja.
4.
Pengetahuan dan kecakapan pekerja.
5.
Batas umur pekerja.
6.
Nikah atau belum.
7.
Minat pekerja.
8.
Emosi dan temperamen pekerja.
9.
Pengalaman pekerja.
Spesifikasi
pekerjaan bagi setiap perusahaan tidak sama karena spesifikasi ini
pada dasarnya disusun dari uraian pekerjaan sedang uraian pekerjaan
perusahaan tidak sama, misalnya ada perusahaan yang membutuhkan
tinggi badan, pakai kaca mata atau tidak, serta cantik atau tidak.
B.
Deskripsi Tugas
Istilah deskripsi tugas sering diberikan terjemahannya dengan “uraian
pekerjaan” tetapi sering pula dengan “uraian jabatan”.
Berdasarkan wikipedia; deskripsi tugas adalah sebuah daftar yang
dipedomani oleh seseorang untuk melaksanakan tugas atau fungsi, dan
tanggung jawab pada suatu jabatan atau posisi. Sering sekali kita
jumpai bahwa dalam deskripsi tugas juga dilengkapi dengan hierarki
organisasi untuk jabatan yang bersangkutan, spesifikasi jabatan
misalnya pengalaman kerja, tingkat pendidikan minimal.
Secara
khusus deskripsi tugas dapat diartikan suatu perangkat yang sangat
penting untuk dapat memberikan gambaran dan kejelasan tugas, tanggung
jawab serta wewenang, baik untuk dipedomani oleh karyawan dalam
pelaksanaan tugas maupun bagi para atasan untuk pembagian tugas bagi
bawahannya
deskripsi
tugas ialah dokumen yang memberikan informasi berkenaan dengan
tugas-tugas, kewajiban-kewajiban, dan tanggung jawab suatu jabatan.
Contoh nya adalah seperti menager umum
Manejer
utama mempunyai wewenang tertinggi perusahaan yang bertanggung jawab
atas berlangsungnya segala kegiatan perusahaan meliputi memimpin
mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan, dimana
kegiatan tersebut untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam
menghasilkan produk-produk berkualitas dengan jaminan sistem mutu
yang selalu terjaga dan dilaksanakan secara konsisten.
3.
Sistem Penggajian
Mulyadi
dalam bukunya Sistem Akuntansi mendefinisikan gaji (salary)
sebagai pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan
yang mempunyai jenjang jabatan manajer dan dibayarkan secara
perbulan.
Kegiatan
/ aktivitas siklus Penggajian
Sistem
penggajian merupakan salah satu aplikasi pada system informasi
akuntansi yang terus mengalami proses dalam bentuk batch (bertahap),
disebut proses secara bertahap kerena ; daftar gaji karyawan
dibayarkan atau dibuat secara periodik. Dalam kegiatan siklus
penggajian, ada beberapa langkah dasar yang biasa diterapkan oleh
setiap perusahaan yang membayarkan gaji ke karyawannya yaitu:
-
Melakukan up-date file induk penggajian
Aktivitas
penting yang dilakukan manajemen personalia atau penggajian yang
melibatkan pembaruan filepenggajian untuk menunjukkan kepada berbagai
jenis perubahan penggajian adalah kegiatan yang terkait dengan
penerimaan tenaga kerja, pemberhentian karyawan, perubahan tingkat
gaji, penyesuaian gaji karyawan.
-
Perubahan tarif pajak adalah memperbaharui informasi mengenai perubahan tarif dan pemotongan pajak lainnya
-
Keabsahan waktu dan data kehadiran, yaitu terdiri dari :Skema pembayaran yaitu bagi karyawan yang mendapatkan pembayaran per jam, maka perusahaan memakai kartu waktu untuk mencatat waktu kedatangan pegawai dan waktu keluar untuk setiap giliran kerja. Berdasarkan kartu ini diperoleh informasi tentang jumlah jam kerja yang diperoleh oleh karyawan semasa waktu pembayaran dilakukan. Peluang untuk menggunakan teknologi informasi yaitu agar lebih efisien proses pencatatan gaji karyawan.
-
Menyiapkan daftar penggajian yaitu pada masing-masing bagian memberikan data tentang jam kerja karyawan selama satu periode, data ini akan dicocokkan dan kemudian diotorisasi oleh pejabat berwenang pada unit kegiatan tersebut.
-
Pembayaran daftar gaji yaitu pada perkembangan ini ,system pembayaran gaji untuk karyawan telah dilakukan dengan cara memindahbukukan ke rekening karyawan bersangkutan.cara ini sangat efektif untuk mengurangi pemotongan gaji yang tidak legal dilakukan.
-
Kalkulasi kompensasi dan pajak yaitu perusahaan melakukan pemotongan pajak penghasilan karyawan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
-
Pajak penghasilan dan potongan lain-lain yaitu membayar kewajiban bagi pajak penghasilan dan sukarela lainnya dari setiap pegawai.
3.
Kesimpulan
menurut
saya dari sekian banyak struktur organisasi yang paling baik
digunakan adalah tergantung dari masing masing bentuk perusahaan,
karena struktur organisasi sangatlah berpengaruh dari segi
efektifitas, effisiensi serta keproduktifan sumber daya pada setiap
struktur organisasi tersebut. Segala bentuk struktur mempunyai maksud
yang sama yaitu untuk mencapai 1 tujuan yang sama, karena setiap
bantuk atau setiap SDM yang ikut serta dalam satu organisasi tersebut
harus bisa bekerja sama. Pada artikel diatas menurut saya yang paling
baik untuk perusahaan besar atau perusahaan yang sudah besar adalah
menggunakan divisional, karena pekerjaan tertentu sudah dapat
berjalan secara mandiri dalam pekerjaan atau bidang nya masing masing
untuk menopang dan bekerja sama dengan divisi lain nya untuk setiap
tujuan yang sama.
Untuk
diskripsi dan spesifikasi tugas adalah biasanya kita menggunakan atau
kita dapatkan pada saat kita ingin mencari pekerjaan. Deskripsi tugas
adalah deskripsi tentang pekerjaan apa saja yang nanti akan dilakukan
oleh kita dan tanggung jawab apa yang mesti kita terima pada saat
menjalankan tugas tersebut, sedang spesifikasi tugas adalah SDM
seperti apa yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu tugas pada
perusahaan tertentu.
Untuk
sistem penggajian pada dasarnya gaji adalah sesuatu yang penting
untuk setiap karyawan atau buruh pada setiap perusahaan agar
perusahaan tersebut terus berjalan secara baik. Pada saat ini untuk
karyawan lebih banyak sistem penggajian yang digunakan adalah
periodik atau perbulan per dua bulan dan seterusnya. Untuk biasanya
buruh itu disebut nya adalah upah, perbedaan upah dengan gaji adalah
upah adalah imbalan kepada buruh yang melakukan pekerjaan
kasar dan lebih banyak menggunakan kekuatan fisik dan biasanya
jumlahnya ditetapkan secara harian, satuan atau rombongan. Sedangkan
menurut Diana dan Setiawati upah hanya diberikan atas dasar kinerja
harian, biasanya praktik ini ditemukan pada pabarik. Adakalanya upah
juga dihitung berdasarkan jumlah produk yang dihasilkan.